Sunday, September 3, 2017

Pengalaman Pertama Belanja Barang Dari Luar Negeri

Siang Om..😆 ,  Numpang nyalurin nih pengalaman pertama saya belanja di Luar negeri.. he..he..he..
Setelah lama udah nggak berpartisipasi lagi dalam jual beli online tepatnya 2014 berenti aktif nyundul gan di FJB Kaskus, Pusing juga lama2 ga ada pemasukan sampingan..😓

Mulai lg di akhir 2016 masarin barang2 yg saya dapet dari temen ke OL Shop di indonesia he..he..he.. walaupun untung kecil tapi lumayan deh Om buat tambahan..
Iseng2 ane browsing di OL Shop indo untuk perintilan2 handphone baik aksesoris maupun lain2 nya Nah pada awalnya saya bingung..?  kenapa nih seller2 di OL Shop indo bisa jual barang dengan harga yg boleh dibilang ga masuk akal ya alias murah banget ( hufttt.. ).

Emang sih kalo diliat disitu juga ada pemain2 besar sekelas distributor yg turun langsung menjadi seller di OL Shop tersebut, tapi kok saya perhatiin banyak juga seller2 kecil/perorangan yg jual barang di bawah harga pasaran ( mantab men.. ).
Mikir2 gimana caranya dapet barang murah buat dipasarin di indonesia, sebenernya sih bisa aja ngambil barang di Distributor dengan grosir quantity buat dijualin lagi tapi kan modal nya butuh agak banyak.. kalo beli eceran harganya sama aj bisa dibilang mahal & saya pun susah untuk jual lagi.. 😂

Akhirnya mampir2 lagi deh di Kaskus.. Forum keramat tempat saya belajar banyak ilmu.. he..he..
Di forum itulah saya mengetahui tentang pembelian barang2 yg bisa dikatakan harga miring untuk dijual lagi di indonesia.
Ada banyak pilihan OL shop untuk belanja di luar negeri yg bisa kita manfaat kan seperti : ebay, alibaba, aliexpress, 1688.com & banyak lagi web2 luar yg bisa digunakan untuk berbelanja online.
Setelah browsing sana sini dan saya membandingkan di masalah harga & quantity, Saya memilih untuk mencoba belanja di aliexpress dimana saya pikir agak mudah untuk masalah pembayaran & barang yg dibeli pun masih bisa quantity sedikit serta juga banyak di merchant/toko  tersebut menyediakan  pengiriman gratis ke indonesia..( Busettt keren amat di china sono ya.. kirim ke indonesia bisa gratiss..tisss ) 😮.

Sebelum tahap pembelian saya membuat akun dulu di web nya aliexpress biar proses lebih gampang, baru deh saya coba browsing salah satu barang yg tadi saya incar karna harga jual barang nya bisa 2/3 kali lipat di indonesia.. he..he..he.., Setelah saya dapatkan saya filter di pencarian untuk pilihan harga termurah.. wkwkwkwk.
Saya coba untuk memesan sebanyak 10pcs dengan harga sekitar U$9,24 ( karna masih awal belum berani mesen banyak2 om,  ngeri kaga sampe barangnya ).
Trus di Aliexpress ini utk masalah pembayaran enaknya dia menyediakan banyak pilihan seperti : Kartu kredit, paypal & untuk buyer yg nggak punya dua pilihan pembayaran tersebut bisa juga pake Doku (Aplikasi Dompet virtual yang bisa digunakan untuk berbelanja di dalam maupun luar negeri) yg bisa kita bayarkan di alfamart/Indomaret..gampang kan.

Untuk pembelian kali ini saya mencoba memakai kartu kredit andalan saya..wkwkwk (Dagang modal ngutang) 😁😁😁.
Setelah order diverifikasi oleh pihak aliexpress kita akan menerima email bahwa pesanan akan diteruskan ke penjual, Selang sehari dari pemesanan datang lagi email kedua yg menyatakan penjual sedang mengirim pesanan nya & Juga si penjual mengirimkan pesan ke inbox akun aliexpress saya mengucapkan terima kasih untuk pemesanan serta menerangkan proses barang sampai di indonesia sekitar 3-8 minggu, Karna saya menggunakkan pengiriman gratis jadi agak lama sampai di indonesia.

Untuk pengiriman sendiri tersedia berbagai macam pilihan, yaitu : 
- China post registered mail 20-36 hari (Pengiriman gratis bisa ditracking dari china sampai ke indonesia karna sudah bekerjasama dengan PT.Pos Indonesia).
- China post ordinary small packet plus 24-44 hari (Pengiriman gratis bisa ditracking hanya di negara china saja setelah keluar dari china tracking tidak bisa dilakukan)
- Aliexpress standar shipping 20-35 hari(Saya belum pernah memakai)
- EMS 15-33 hari (Pengiriman premium dengan biaya agak mahal) 
- DHL 9-19 hari (Pengiriman premium dengan biaya agak mahal)
Setelah beberapa hari, saya coba mentracking pesanan saya diweb aliexpress dengan kode pengiriman yang diberikan oleh pihak penjual.

Di web tracking aliexpress kita akan diarahkan oleh mesin pemindai pengiriman internasional yaitu 17track.net dimana kita harus memasukkan kode pengiriman ke web pencarian tersebut.
Ini gambar2 proses tracking dari china sampai ke indonesia tanpa kekurangan suatu apapun...wkwkwkwk
Saat pertama penjual mengirim pesanan


Pengiriman dari china hingga masuk indonesia kurang lebih 10 hari
SS Tracking barang tiba di indo via web pos indonesia

Serah terima pesanan dari kantor pos pusat ke cabang depok




Final Delivery barang sudah diterima oleh saya
Paket kiriman datang hati pun tenang
Setelah menunggu kurang lebih sekitar 18 hari, Pesanan tiba di rumah dengan baik dan juga tanpa biaya. Padahal waktu saya browsing untuk kiriman dari luar negeri biasanya dikenakan ongkos pengepakan kurang lebih sebesar 5-20 ribu rupiah tapi ini gratis tidak dikenakan biaya apa2.. he..he..he..

Btw untuk pajak dan cukai juga tidak dikenakan biaya dikarenakan saya membeli dengan harga dibawah U$100 lain halnya jika saya berbelanja diatas harga tersebut akan dikenakan pajak & cukai sesuai dengan peraturan pemerintah.
Setelah barang sampai dan sesuai dengan pesanan kita, jangan lupa kita mengklik barang sudah diterima di akun aliexpress kita agar pihak aliexpress meneruskan dana ke penjual.
Dan juga tinggalkan rating serta feedback sesuai keinginan anda agar si penjual dapat lebih meningkatkan pelayanan nya terhadap pembeli2 lain.

Saya rasa cukup sekian sharing pengalaman perdana saya berbelanja di OL Shop luar negeri, saya harapkan dapat bermanfaat & juga menjadi pilihan untuk dapat mengembangkan bisnis jual beli anda.
Karna saya pun saat ini masih menunggu sekitar 8 pesanan lagi dari aliexpress yang masih dalam proses pengiriman.. he..he..he.. 

Salam ,
Agust mbonx/03092017
Jangan lupa Ngopi ya...

6 comments:

  1. Kok lama banget ya dah 48 hari nggak sampek2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba hubungin seller nya om.. ane juga pernah gitu ternyata sellernya masukkin resi pengiriman fiktif.

      Delete
  2. halo ini gak pakai jasa forwarder?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pake om.. pake pengiriman yg tersedia di ali express

      Delete
  3. Kalo China post ordinary small packet plus itu ntar pas udah nyampe indonesianya dikirim lewat kurir apa ya?? Pos Indonesia atau apa ya?? Bingung nih. Dari tgl 30 November 2019 paket Saya blom nyampe nyampe. Perasaan dulu cman 3 minggu langsung nyampe

    ReplyDelete