Tuesday, August 20, 2019

Refund dana di aliexpress

Belanja di luar negeri via online saat ini bukan suatu hal yang sulit, 
Karna di jaman kecanggihan teknologi sekarang kita seakan dipermudah untuk melakukan nya.
Tinggal download aplikasi, daftar di website belanja, cari barang yang dibutuhkan, bayar & tunggu deh barang sampai di rumah.

Tapi apakah semua proses pembelian berjalan mulus... ? 藍
Tidak juga.. he..he..he.., Kadang banyak juga kendala pada saat pembelian barang dari luar negri, Contohnya ; Barang tidak dikirimkan, Pengiriman terlalu lama, Barang tertahan di bea cukai dan juga terkadang barang sampai di tangan tetapi barang tidak sesuai dengan yang di iklankan.

Satu pengalaman saya berbelanja di Aliexpress & mengharuskan saya minta refund/Open dispute ke pihak seller & Alhamdulilah proses open dispute sampai ke refund tidak terkendala sehingga dana dapat dikembalikan ke saya.

Inilah kronologisnya..
Ceritanya saya membeli 5 buah mainan RC Helicopter di salah satu seller yang ada di Aliexpress, Proses pemesanan sampai pembayaran tidak ada kendala alias lancar.
Seller mengirimkan barang via pos malaysia dengan menyertakan nomor resi nya.

Keanehan mulai terasa sampai 20 hari setelah barang dikirim, barang yang saya order tidak bisa di tracking..!!!
Saya mencoba tracking melalui web Pos Malaysia selalu tidak ditemukan nomor resi nya.. hu..hu..hu..
Saya coba chat penjual melalui fitur messages yang ada di Ali express.
Chat pertama dengan seller

Sampai disini saya masih bersabar karna balasan yg cepat dari pihak seller.
Waktu terus berlalu sampai pada saat masa garansi pengiriman berakhir, Yang berarti sistem Aliexpress akan otomatis membaca bahwa barang telah sampai ke pembeli.. hu..hu..hu..
Padahal boro2 diterima, ditracking aja barang selalu invalid nomor pengiriman nya.

Sekedar informasi, bahwa Aliexpress menyediakan garansi pengiriman selama 45 hari yang berarti selama masa itu jika barang tidak sampai atau sudah sampai tapi barang tidak sesuai kita dapat mengajukan Open Dispute utk Refund pengembalian dana, Namun jika dalam 45 hari kita tidak ada pengajuan Open Dispute ataupun Refund otomatis sistem membaca transaksi selesai dan dana akan diteruskan ke penjual.
Nah.. posisi saya pada saat ini pada opsi barang belum sampai & masa garansi pengiriman berakhir.
Saya coba chat lagi ke penjual 
Chat kedua dengan seller

Saya sertakan juga bukti percakapan di twitter dengan akun resmi pos indonesia yang intinya nomor resi pengiriman tidak ada di pos indonesia

Melampirkan bukti chat pos indo

Pada saat itu juga saya langsung mengajukan Open Dispute ke Aliexpress karna saya merasa dirugikan perihal barang yang belum saya terima sampai masa garansi pengiriman selesai.
Proses pengajuan Open Dispute tergolong mudah dengan mengisi form yang disediakan serta mengunggah bukti foto pembelian, tracking barang & bukti chat kita ke pihak seller.

Dan Ending nya kurang lebih 10 hari dari pengajuan Open Dispute, permohonan saya diterima.. he..he..he.., Yang artinya Aliexpress akan merefund dana kembali ke saya...Mantul.

Open dispute ke Aliexpress

Yeay...Akhirnya petualangan di dunia persilatan akhirnya selesai walaupun harus menunggu sampai kurang lebih 3 bulan akhirnya dana berhasil dikembalikan.
Demikian pengalaman saya dalam mencoba fitur Open Dispute untuk Refund dana yang ternyata sangat mudah asalkan disertai bukti yang kuat.

Salam saya dari Depok kota tercinta...
Jangan lupa Ngopi ya..🤗
















No comments:

Post a Comment